Senin, 15 Oktober 2012

BEDAH IKLAN MINUMAN PENAMBAH TENAGA (BERENERGI) NON CAIR ANTARA MERK XTRA JOSS DAN KUKU BIMA ENER-G



Extra Joss dan Kuku Bima adalah merk terkenal minuman berenergi untuk meningkatkan stamina. Extra Joss hadir lebih dulu hadir dengan kemasan sachet berisi serbuk, rasa masam dan berwarna kuning. Kemudian hadir Kuku Bima keluaran Sido Muncul yang hadir dengan membawakan banyak pilihan rasa. Sebagian pangsa pasar Extra Joss tersedot ke Kuku Bima. Kuku Bima Ener-G masuk ke pasar tahun 2004 dengan mengusung diferensiasi keragaman rasa dan mengubah persepsi konsumen yang dibentuk oleh Extra Joss bahwa produk minuman berenergi berwarna kuning dan rasanya asem, serta kombinasi strategi 3P lainnya (Price, Promotion dan Place). Kuku Bima yang terkenal dengan tagline “Rosa, dibaca Ruso, bahasa Jawa, berarti semangat, kerja keras” hadi  dengan formula formula selain rasa masam yaitu rasa anggur dan mangga dan kemudian dinamakan E-Juss, masih ingat produk ini diiklankan dengan bintang Sule’ (rasa mangga) dan Dude Herlino (rasa anggur). Tak lama, E-Juss yang kata teman kost saya rasanya mirip Marimas ini (Marimas adalah minuman sachet yang biasa dikonsumsi anak-anak) akhirnya pun meredup, dalam hal kemunculan iklannya di televisi.
Melihat persaingan yang  begitu ketat ini dalam merebut pangsa pasar, pesaing utama kukubima yakni extra joss membuat iklan yang menyindir kepada pesaingnya yg membuat minuman berenergi dengan beraneka rasa. Yaitu dengan bunyi : “LAKI! Minum EXTRA JOSS!” dan ada juga iklan versi lain meng-endorse penjual jamu perempuan dengan gaya bicara yang agak “nakal” juga membawakan slogan, “Laki itu Laki, Laki ga minum yang rasa-rasa, Laki minum EXTRAJOSS !!”.
Bagaimana dengan Kuku Bima? Dia sama sekali tidak terpancing dengan ulah Extra Joss dan tetap konsisten menggarap iklan yang berbeda dari iklan kompetitornya. Kuku Bima tidak mau mengikuti cara iklan provider seluler yang sering baku hantam dalam hal content iklan yang dibawakan. Masih ingat iklan Tolak Angin tentang pengenalan budaya Indonesia dengan menampilkan Reog dsb? Sepertinya, tema iklan tersebut terus diusung oleh Irwan Hidayat, Direktur Utama Sido Muncul untuk diterapkan ke produk andalan perusahaan tersebut, Kuku Bima. Setidaknya ada 4 iklan terbaru Kuku Bima yang sering muncul beriringan akhir-akhir ini, tema yang dibawa adalah Cinta Tanah Air Indonesia. Jadi selain meng-iklan, juga ada misi mempromosikan wisata Indonesia yang saat ini belum begitu populer.  Empat tempat tersebut adalah Papua, Ambon, NTT, dan Sumatra Utara. Digambarkan betapa indahnya tempat- tempat tersebut, kemudian ada satu versi iklan lagi yang berjudul “Kolam Susu”, kompilasi dari berbagai tempat, yang membuat merinding, apalagi dengan lagu latar Kolam Susu yang pernah dipopulerkan Koes Ploes ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar